Penyebab Tidur Mendengkur dan Cara Mengatasinya Secara Tepat

C6564B Young man snoring, woman covering face with pillow

Setiap orang pasti membutuhkan istirahat yang cukup untuk merefresh kembali pikiran dan jiwanya. Ya, karena dengan istirahat di waktu malam dengan kualitas yang baik maka semua tenaga dapat terkumpul lagi.

Namun bagaimana anda bisa tidur dengan baik jika anda sendiri mengalami masalah pernafasan yang mengakibatkan anda menjadi mengdengkur. Masalah pernafasan yang satu ini  bahkan tidak hanya dapat mengganggu diri sendiri namun juga mengganggu orang-prang yang berada di dekat anda atau mereka yang tidur di samping anda.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi tidur mendengkur ini, akan lebih baik jika anda mengetahui apa saja penyebab tidur mendengkur. Sehingga anda dapat melakukan pencegahan sebelumnya.

Berikut ini beberapa penyebab tidur mendengkur.

  1. Obesitas

Mungkin selama ini anda menganggap obesitas atau kegemukan adalah suatu hal yang hanya mengganggu penampilan saja. Namun ternyata obesitas lebih berbahaya dari itu. Selain dapat menyebabkan penampilan memburuk, obesitas juga dapat menjadi penyebab tidur mendengkur dan beberapa penyakit berbahaya seperti stroke, jantung dan lain-lain.

Bagaimana bisa obesitas menjadi penyebab tidur mendengkur? Karena, ketika seseorang mengalami obesitas, pasti orang tersebut memiliki tumpukan lemak pada tubuhnya.

Sedangkan penumpukan lemak ini dapat menghalangi atau menyumbat saluran pernafasan yang menyebabkan dengkuran ketika anda tidur.

  1. Posisi tidur yang salah

Selain karena kelebihan berat badan atau obesitas, posisi tidur yang salah juga menjadi salah satu penyebab tidur mendengkur yang paling utama.

Posisi tidur yang salah yaitu ketika anda tidur dalam keadaan tubuh terlentang menghadap ke atas. Ya, karena ketika anda tidur dalam posisi demikian, maka lidah akan secara otomatis terletak di pangkal mulut. Dan jika ini terjadi maka lidah dapat menyumbat saluran pernafasan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa penyumbatan saluran pernafasan adalah alasan mengapa anda tidur mendengkur.

  1. Gangguan pada tenggorokan

Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan pada bagian tenggorokan, pastilah dia akan memiliki potensi mendengkur lebih besar. Masalah kesehatan pada tenggorokan ini antara lain adalah amandel.

Penyakit yang membuat kelenjar di tenggorokan atau pangkal mulut ini membesar dapat membuat saluran udara yang masuk dalam tubuh menjadi terlalu sedikit. Pasalnya, ketika saluran udara terhalang oleh sebuah benda maka udara yang akan masuk pun menjadi lebih sedikit.

  1. Masalah hidung

Selain gangguan pada tenggorokan, gangguan pada hidung juga dapat menjadi penyebab tidur mendengkur. Pasalnya, seperti yang sudah anda ketahui, bahwa hidung adalah salah satu organ utama yang menjadi pangkal saluran udara (masuknya udara).

Dengan begitu, ketika ada masalah pada hidung anda maka secara otomatis asupan udara yang masuk ke dalam tubuh akan terganggu pula. Biasanya masalah pada hidung ini terjadi karena banyaknya kotoran pada hidung yang menyumbat saluran pernafasan anda.

Selain itu, ketika tubuh dalam kondisi tidak baik atau terserang penyakit semacam flu, juga dapat menyebabkan sumbatan pada hidung. Karena ketika tubuh terserang virus flu, sinus akan diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak. Dan sinus inilah yang menyebabkan sumbatan pada hidung.

  1. Pertambahan usia

Mungkin selama ini anda bertanya-tanya mengapa kebanyakan orang yang mendengkur adalah mereka yang sudah berusia lanjut. Ternyata jawabannya adalah karena ketika seseorang sudah memasuki usai lanjut atau lansia, tubuh akan mengalami penurunan kelenturan otot pada saluran pernafasan.

Sedangkan jika otot pada saluran pernapasan ini menjadi tidak elastis lagi, secara otomatis saluran udara yang masuk ke dalam tubuh pun akan terganggu.

Pada wanita lanjut usia atau yang sudah memasuki masa menopause, penurunan kelenturan otot pada bagian saluran pernapasan ini terjadi akibat hormon progesteron yang tidak diproduksi lagi.

  1. Penggunaan obat penenang

Ketika seseorang sering mengonsumsi obat penenang baik dalam dosis kecil maupun besar, orang tersebut akan mengalami resiko tidur mendengkur lebih besar. Ya, ketergantungan obat penenang merupakan salah satu penyebab tidur mendengkur yang wajib anda perhatikan dengan benar.

Sebab, ketika seseorang banyak mengonsumsi obat penenang maka orang tersebut dapat tidur dengan benar-benar nyenyak. Dan ketika seseorang tidur dengan begitu nyenyak bahkan tanpa mengetahui apa yang ada di sekitarnya, maka potensi mengalami dengkuran juga menjadi lebih besar.

Selain itu, obat penenang juga memberikan efek samping yang berupa pengenduran otot-otot akibat penekanan sistem saraf pusat. Nah ketika otot menjadi kendur maka saluran pernafasan juga tidak bisa bekerja secara maksimal.

  1. Gaya hidup

penyebab tidur mendengkur selanjutnya yang mungkin jarang anda sadari adalah gaya hidup yang tidak baik. Gaya hidup yang tidak baik ini misalnya dengan banyak mengonsumsi minuman beralkohol, minuman bersoda, serta terlalu banyak makan makanan junk food yang tentu saja memiliki mengandung bahan yang tidak baik untuk tubuh.

Ketika anda mengonsumsi banyak minuman beralkohol dan bersoda, maka lambung anda akan menampung gas dalam jumlah yang berlebihan. Dan gas ini akan dikeluarkan dari tubuh ketika tidur, yaitu dengan cara mendengkur.

Sedangkan untuk makanan berpotensi dapat mengakibatkan dengkuran karena ketika tubuh merasa kenyang, maka otak menjadi lebih rileks. Dan ketika otak benar-benar rileks, maka potensi tidur mendengkur juga akan meningkat.

  1. Kelelahan

Kelelahan menjadi penyebab tidur mendengkur yang juga paling sering dialami oleh seseorang. Ketika anda begitu lelah dengan segala aktifitas dan kesibukan pada siang hari, pasti yang anda inginkan di malam hari adalah dapat tidur dengan nyenyak agar energi yang telah terkuras habis dapat terkumpul kembali.

Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa poin di atas, bahwa ketika anda tidur terlalu nyenyak maka potensi untuk mendengkur menjadi lebih besar.

8 hal di atas adalah penyebab tidur mendengkur yang sebaiknya anda hindari. Dan jika keadaan mendengkur anda sudah terlalu parah, tentu saja harus ada penanganan nyata untuk menghentikan dengkuran tersebut.

Seperti apakah cara mengatasi tidur mendengkur yang harus anda lakukan? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Mengonsumsi ramuan herbal

Siapa bilang jika masalah tidur mendengkur hanya bisa diatasi dengan mengubah pola hidup dan kebiasaan buruk saja. Karena ternyata tidur mendengkur juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan herbal.

Ramuan herbal ini terbuat dari kunyit dan madu. Cara pembuatannya yaitu dengan memeras air sari kunyit, kemudian campurkan madu ke dalamnya. Konsumsi ramuan ini 3 kali sehari dengan masing-masing 2 sendok makan.

  1. Olahraga

Melakukan olahraga memang sudah menjadi kewajiban ketika anda menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Tak perlu melakukan olahraga yang begitu keras, olahraga ringan seperti jogging pun sudah membantu tubuh untuk mengurangi dengkuran ketika tidur.

Asalkan anda melakukannya setiap hari, atau minimal 2 kali seminggu dengan waktu  minimal 30 menit.

Semoga dengan mengetahui apa saja penyebab tidur mendengkur dan bagaimana cara mengatasinya, anda dapat mengatasi masalah pernafasan tersebut dengan baik dan cepat. Sehingga tak mengganggu mereka yang tidur di samping anda lagi.