Cara Menghilangkan Dengkur dengan Kunyit dan Madu

Mungkin sebagian besar dari anda mempunyai masalah dengkuran alias ngorok pada saat tidur, khususnya kaum pria. Sebenarnya, orang yang tidur mendengkur itu adalah hal yang wajar, tetapi kurang baik bagi orang yang tidur di sekitar anda.

Dengkuran dalam tidur sering kali menjadi masalah dalam membina hubungan dengan orang lain. Mendengkur merupakan kebiasaan buruk karena mengganggu kenyamanan orang lain pada saat tidur.

Mendengkur merupakan hal wajar yang terjadi pada orang dewasa. Semakin bertambahnya usia, maka semakin besar potensi untuk mendengkur. Faktor lain yang mempengaruhinya adalah berat badan. Semakin bertambahnya berat badan, maka semakin besar pula potensi untuk mendengkur.
Sebenarnya, mendengkur disebabkan karena tersumbatnya pernafasan ketika melewati tenggorokan.

Pada umumnya, mendengkur dialami oleh orang-orang yang mengalami gangguan pernafasan, seperti asma.

Mendengkur juga bisa disebabkan karena salah posisi tidur, misalnya posisi leher yang tidak simetris dengan punggung, hal ini mungkin saja terjadi karena banta terlalu rendah pada saat tidur.
Dengkuran juga bisa dikarenakan seseorang yang kelelahan dan ingin mengistirahatkan tubuhnya dengan maksimal. Jadi, pada umumnya orang-orang yang mendengkur adalah orang yang telah bekerja keras dan kurang istirahat, khususnya pekerja-pekerja kasar.

Mendengkur juga bisa menimbulkan krisis percaya diri bagi pelakunya, meskipun ia tidak tahu dengan pasti bahwa ia mendengkur pada saat tidur. Namun, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mencoba alternative kunyit madu, karena ternyata anda dapat mencegah dengkuran dengan kunyit madu. Penasaran bukan ? Simaklah yang berikut ini

1.      Hal-hal yang perlu diperhatikan seorang pendengkur
 
Bagi anda yang mempunyai kebiasaan mendengkur, sebaiknya anda hindari hal-hal berikut :
–          Sebisa mungkin coba anda hindari minuman yang beralkohol atau yang mengandung soda, karena kedua jenis minuman ini hanya akan menambah jumlah udara atau gas dalam perut anda, sehingga untuk mengeluarkan udara ini anda harus mendengkur.

–          Sebaiknya anda hindari penggunaan obat tidur atau obat penenang yang dapat membuat anda tidur seperti orang mati. Jika anda mengonsumsi obat-obatan ini, maka anda tidak akan sadar dengan keadaan di sekeliling anda, sehingga kemungkinan untuk mendengkur juga akan meningkat.

–          Hindari minum susu atau minuman yang mengandung glukosa, karena hal ini dapat membuat anda tidur dengan dengkuran, meskipun susu sangat baik jika dikonsumsi sebelum tidur.

–          Sangat dianjurkan bagi anda untuk menjaga berat badan anda agar tetap ideal, karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa orang gemuk mempunyai potensi mendengkur yang lebih besar.
Inilah hal-hal yang perlu dihindari oleh anda yang pendengkur. Tidak sulit bukan ?

2.      Mencegah dengkuran dengan kunyit madu
 
Sesuai dengan judul artikel ini “mencegah dengkuran dengan kunyit madu”, akan dijelaskan kepada anda bagaimana pengobatan tradisional ini dapat bekerja dan bahkan menghentikan dengkuran.

Sangat dianjurkan bagi anda untuk meminum dua sendok makan air kunyit yang dicampur dengan madu. Untuk hasil lebih maksimal, dianjurkan bagi anda untuk meminumnya sebanyak 3x sehari dan dilakukan secara rutin dan berkala selama sebulan penuh.
Ramuan kunyit yang dicampur dengan madu ini sudah terbukti mamou menghilangkan kebiasaan mendengkur pada saat tidur. Air kunyit madu mengandung zat yang dapat melancarkan pernafasan dan membantu badan lebih rileks teruatama pada saat kita sedang tertidur.

Untuk penyajiannya sangatlah mudah, pertama-tama parutlah dua ruas kunyit dan kemudian peras airnya. Setelah itu, campurkan perasan tadi dengan madu dan aduklah hingga merata dan sampai lengket. Sangat dianjurkan bagi anda untuk langsung meminumnya, karena jika anda menyimpannya di kulkas, maka zat-zat yang ada akan hilang dan tidak memberikan hasil yang maksimal.
Tips lain adalah dengan mengubah posisi tidur anda. Posisi tidur miring dapat mengurangi dengkuran, karena udara yang dihirup dapat keluar masuk dengan baik.
Cara praktis lainnya adalah dengan menghirup uap air sebelum tidur. Hiruplah uap air panas dalam gelas, sehingga hidung anda akan terasa lebih longgar, hal ini dapat memperlancar sistem pernafasan anda.

Inilah tips mencegah dengkuran dengan kulit madu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

[wpexitpage]